Bagi mahasiswa atau pelajar yang sedang mengambil mata kuliah jaringan komputer (jarkom) pasti tidak akan jauh dari aplikasi yang namanya Cisco Packet Tracer. Aplikasi ini sangat penting bagi siapa saja yang ingin mendesain sebuah topologi jaringan.  Aplikasi ini sangat mendekati kenyataan di lapangan, ya sekitar 95%. Di dalam aplikasi ini juga terdapat beberapa perangkat jaringan seperti hub, switch, router, server, pc, kabel dan lain-lain. Untuk konfigurasinya (misal pada router atau switch) tidak sepenuhnya support,  ada beberapa perintah yang tidak bisa dijalankan pada perangkat-perangkat ini, tapi tenang saja karena perintah-perintah yang sangat penting masih bisa dijalanka pada aplikasi Cisco Packet Tracer.

Setelah basa-basi sedikit, kita langsung aja ke benang merahnya aja, hahahhha kaya OVJ aja. Karena banyak temen yang bingung bagaimana cara install cisco packet tracer di Ubuntu, maka saya posting aja nih caranya :

  1. Tentunya Anda harus download terlebih dahulu aplikasi Cisco Packet Tracer nya.
  2. setelah download berhasil, pindahkan atau copy file nya ke home folder
  3. kemudian buka terminal ( bisa dengan menekan tombol ctrl + alt + t )
  4. ketik perintah sudo su [Enter]
  5. ketik perintah chmod 777 PacketTracer532_i386_installer-deb.bin [Enter]
  6. ketik perintah ./PacketTracer532_i386_installer-deb.bin
  7. tunggu sampai selesai meng extract
  8. setelah berhasil meng-extract, tekan Enter sampai 100% (catatan: hati-hati jangan sampai kelebihan menekan Enter nya, karena akan mengulangi dari awal lagi)
  9. ketika sudah mencapai 100%, tekan Y kemudian Enter
  10. tunggu sampai proses instalasi selesai
  11. setelah selesai, aplikasi Cisco Packet Tracer biasanya ada di Menu > Internet. Jika tidak ada, coba restart komputer Anda.

Tutorial ini sudah saya coba di Ubuntu 10.04, 10.10, 11.04, 11.10 dan 12.04 serta Linux Mint 9, 10, 11, 12. Semoga tutorial singkat ini bisa membantu temen2 semuanya.

{^_^) wonk4ol

Advertisements