ImageBermula ketika saya PKL di ESQWay 165, saya disuruh untuk membuat web aplikasi training schedule menggunakan Yii. Yii?. Makanan apa ya? Kata Yii sangat asing bagi saya. Setelah browsing2, ternyata Yii adalah sebuah framework PHP. Kalo menurut saya, istilah framework berarti kerangka kerja, jadi ketika kita ingin membangun sebuah aplikasi kita akan menjadi lebih mudah dan cepat. Bayangkan saya kalo kita ingin membangun rumah tanpa kerangka, bisa2 rumah itu ambruk, hahahah. Dengan menggunakan framewrok, aplikasi kita juga menjadi lebih mudah dimaintenance karena strukturnya sudah diatur. Masing-masing framework mempunyai aturannya sendiri.

Yii singkatan dari Yes It Is. Jadi misalkan ada orang yang nanya, Is it fast? jawabannya Yes It is. Is it secure? Yes, it is. Is it professional? Yes, It is. Yii bisa digunakan secara gratististis, dan Yii ditulis menggunakan PHP versi 5, untuk versi 4 buruan diupdate yaa? hahahah. Yii sangat cocok untuk menangani aplikasi-aplikasi yang besar.

Project Yii dibuat oleh Qiang Xue dan dimulai pada 1 Januari 2008. Dia sebelumnya mengembangkan Prado framework. Selang beberapa bulan, banyak feedback dari para developer bahwa Yii sangat cepat, aman dan profesional. Dan pada tanggal 3 Desember 2008 Yii akhirnya secara resmi merilis Yii 1.0. Inspirasi Yii banyak diambil dari Prado, Ruby on Rails, jQuery, Symfony  dan Joomla.

Sekian saja perkenalan dengan Yii, semoga menjadi lebih akrab, heheh. Ada peribahasa, ” tak kenal maka tak sayang”.

{^_^) wonk4rol

