Kemarin ane beli modem Huawei K3765 yang ada logonya vodafone melalui FJB kaskus. Ane beli modem ini COD, kita ketemuan di halte busway Lebak Bulus. Ane lupa namanya siapa ya, kalo ga salah mas Rizky, dia dari Benhil, keren ga namanya, hahaha Benhil alias Bendungan Hilir, wkwkwk. Setelah ketemu, langsung aja ane cek dulu modemnya, ane colokin deh modemnya ke laptop dan langsung plug and play, tapi kok yang munculnya Mobile Partner yaa??? Ane inget, ini karena dulu ane pernah nginstall modem AHA milik temen ane. Biasanya nanti ada semacam aplikasi AHA Dialer di program kita.
Yang jadi masalah, modemnya sih kedetek ma Mobile Partner tapi sinyalnya ga nongol2, hadeeeuh gimana nih :-(.  Tapi ane ga putus asa, ane coba uninstall/hapus Mobile Partnernya barangkali ini penyebabnya. Berbekal coba2, akhirnya ane tahu cara uninstall/hapus Mobile Partnernya. Ane ketik perintah di terminal

sudo /usr/local/Mobile_Partner/Uninstall
sudo /usr/local/Mobile_Partner/UninstallMobilePartner

Nah, ada masalah lagi nih temen2, ketika ane colokin modem Huawei K3765 ga muncul apa2, karna Mobile Partner nya udah ane hapus. Terus gimana ngonekinnya???? Setelah ane browsing, searching n googling, ternyata cuma nginstall satu aplikasi doank, nama usb-modeswitch. Langsung aja ane install aplikasinya dengan mengetik perintah di terminal

sudo apt-get install usb-modeswitch

Dan ane colokin lagi ke laptop kesayangan ane, taraaaa, modemnya sudah langsung kedetek, cek di network manager. Modem Huawei K3765 ini ane test di Linux Min 9 (Isadora) atau Ubuntu 10.04 (Lucid Lynx), mungkin kalo versi ke atas udah konek kali yaaaa. Selamat berinternet ria dengan modem Huawei K3765 Anda di Linux.
{^_^) wonk4rol

Advertisements