Ikon Eclipse
Ikon Eclipse

Seharian ane dibikin pusing dengan aplikasi eclipse yang nutup dengan tiba-tiba istilahnya sih forced close gitu deh. Ada aja hambatan untuk belajar pemrograman Android. :-(. Ada yang kasih saran untuk pake NetBeans aja, tapi tetep aja ada kendala karena saya pake NetBeans 6.8 sedangkan minimal untuk penggunaan plugin Androidnya minimal NetBeans versi 6.9. Akhirnya ane memutuskan ngga pake NetBeans, lho kenapa? Karena Linux Mint 9 hanya menyediakan NetBeans 6.8, hahah. Kan bisa download versi yang terbaru? Versi terbaru berat gan buat laptop ane, hahahah. Pake versi yang lama aja yang penting coding jalan terus, heheh.

Kembali ke pokok permasalahan yaitu Eclipse Juno tiba-tiba nutup. Ane coba buka eclipse lewat terminal, dan ternyata memang ada error kurang lebih kaya gini

Gtk:ERROR:/build/buildd/gtk+2.0-2.20.1/gtk/gtkwidget.c:8760:gtk_widget_real_map: assertion failed: (gtk_widget_get_realized (widget))
Aborted

ternyata ada yang error dengan gtk-nya. Setelah ane pikir2, ane coba download eclipse versi yang tidak terlalu up-to-date, pilihan jatuh ke Eclipse Helios. Dan ternyata feeling ane benar, Eclipse tidak forced exit.

{^_^) Semoga pengalaman ini bermanfaat.

