Logo PostgreSQL
Logo PostgreSQL

Berhubung ‘ada’ yang komen pada blog ane, jadi semakin semangat ngeblog lagi nih. Kali ini saya akan berbagi mengenai database yang terbaik, terbagus dan terlainnya :-D. Bagi para ‘kuli koding’ yang namanya database atau bahasa kerennya RDBMS (Relational Database Management System) merupakan bagian yang sangat penting sebagai tempat menyimpan data. Rata-rata ketika sekolah kita mendapat materi database dan yang diajarkan adalah MySQL. Right?! Ketika membuat aplikasi pertama database yang digunakan adalah MySQL. Benul? Eh Betul? Kayanya MySQL ini udah membayang-bayangi pikiran kita, seperti hantu :takut. Kenapa sih harus MySQL? Yup, karena kita cuma tahunya itu, hahaha. Padahal di luar sana banyak sekali RDBMS, ngga hanya MySQL, ada Oracle, PostgreSQL, SQLite , Firebird dan lain-lain.

Nah, di antara RDBMS yang ada, manakah yang terbaik? Manakah yang powerfull? Manakah yang terbagus? Kalo berbicara pilihan itu relatif. TAPI, pengalaman ane ketika kuliah dulu, ane pernah ngintip dosen ane :hammer pake PostgreSQL pada setiap aplikasi yang dia buat, padahal kalo ngajar ya MySQL @_@. Terus ketika ane magang di salah satu perusahaan di Jakarta, RDBMS yang dipake adalah PostgreSQL. Wah wah, rupanya RDBMS yang logonya gajah ini sudah merajalela rupanya. Sampe di situ ane belum respon, biasa aja. Tetep aja kalo bikin aplikasi databasenya ya paka MySQL yang logonya ikan lumba-lumba itu. Sampe pada akhirnya ane lulus kuliah dan kerja di salah satu perusahaan IT di Jakarta Selatan, dan ternyata ane ketemu lagi sama di ‘gajah’  -_-‘. Kayanya emang udah jodoh nih sama PostgreSQL.

Mulai dari sini ane berfikir, kayanya PostgreSQL adalah RDBMS yang cocok buat aplikasi yang kita buat. Kalo ukuran secara pastinya sih emang ane blum tahu, tapi melihat dari pengalaman dosen terbaik ane pake PostgreSQL, tempat magang juga, dan sekarang tempat kerja juga make ini. So, ane mah ngikut aja dah, ga usah pusing2, biar nanti kalo ada kesulitan bisa nanya, hihihi. Terlepas dari itu semua, ane yakin PostgreSQL ini cukup powerfull. Sampe ada yang bilang bahwa PostgreSQL ibarat versi gratisnya Oracle, secara Oracle kan berbayar!  Jadi tentukan pilihanmu dari sekarang.

{^_^) Tumbas Wiralodra

Advertisements