Screenshot-About Minbar Prayer Times
Minbar Prayer Times

Bagi pengguna Linux yang lagi bimbang nyari aplikasi pengingat adzan seperti shollu jangan bersedih, karena di Linux juga ada aplikasi yang mirip yaitu Minbar Prayer Times. Selain pengingat adzan, aplikasi ini juga mempunyai fitur penunjuk arah kiblat dan kalender waktu sholat. Aplikasi ini terinspirasi ketika saya menggunakn Linux Ubuntu Sabily (Distro Linux versi Muslim). Bagi yang tidak sabar ingin mencicipinya, silahkan bisa langsung install  dan pastikan anda terkoneksi dengan internet atau repository :

Melalui Synaptic Package Manager

Install Minbar
Install Minbar lewat Synaptic Package Manager

Melalui terminal, ketik :

sudo apt-get install minbar

Kalo udah diinstall biasanya ada di Menu > Accessoris. Kalo tidak muncul, coba restart terlebih dahulu. Sekarang kita lakukan sedikit konfigurasi/settingan pada aplikasi Minbar Prayer Times ini.

1. Ceklis Play Adzan supaya setiap waktunya tiba, suara adzan keluar. Atur zona waktu lokasi Anda, dengan klik Preferences.

Ceklis Play Athan
Tampilan Utama Minbar Prayer Times

2. Bagian Latitude, Longitude dan City name jangan diisi dulu, klik Find City

Klik Find City
Setting Lokasi

3. Pilih lokasi yang terdekat dengan lokasi Anda, misal Jakarta, klik Apply.

Pilih Kota
Find City

4. Pilih lokasi yang terdekat dengan kota Anda, misal Jakarta, Klik Apply. Maka Bagian Latitude, Longitude dan City Name terisi secara otomatis. Untuk bagian Time Zone, untuk negara Indonesia adalah 7.0.

Pilih Kota
City Details

5. Pada bagian Advanced, ceklis ‘Start minimised to tray‘ supaya ketika aplikasi dijalankan maka akan muncul icon di pojok kanan bawah, bukan di windows list. Kemudian atur pemberitahuan sebelum adzan, misal 5 menit sebelum adzan. Kemudian atur metode penghitungan waktu adzannya misal pilih ‘Egyptian General Authority of Survey‘.

Setting Advanced
Setting Advanced

6. Pilih suara adzan, khusus suara adzan shubuh dipisahkan karena berbeda dengan waktu sholat yang lain.

File Suara Adzan
File Suara Adzan

Kalo suara adzannya belum ada, bisa didownload di sini. Ekstrak di directory /home/[USER_ANDA]/Music. Jika settingan sudah semua maka klik OK dan aplikasi Minbar Prayer Times yang mirip Shollu di Windows siap digunakan. ^_^.

Ada sedikit tips, aplikasi Minbar Prayer Times tidak berjalan langsung ketika komputer dinyalakan, atau bahasa kerennya ketika Startup. Oleh karena itu kita tambahkan aplikasi Minbar ini supaya berjalan langsung, caranya??? :

1. Klik Menu > Preferences > Startup Applications, pilih Add.

Screenshot-Startup Applications Preferences
Startup Applications Preferences

2. Isikan pada bagian Name, Command, dan Comment seperti gambar di bawah ini, Klik Save.

Screenshot-Edit Startup Program
Edit Startup Program

Semoga artikel ini bermanfaat bagi temen2 yang memakai Linux, dan sholatnya nambah rajin dan disipilin. 😀 Aamiin. Oh iya, artikel ini saya jalankan pada Linux Mint 13 (Maya), dan saya rasa berjalan juga pada distro Ubuntu dan turunannya. Saran dan kritikannya silahkan coret-coret di komentar.

{^_^) Tumbas Wiralodra

Advertisements