Tidak terasa anak sudah berusia 15 bulan, tapi akte kelahiran belum dibuat aja. Orang-orang menyarankan untuk minta bantuan saja ke orang desa atau kecamatan, tapi saya memilih untuk mengurus sendiri ( merepotkan diri sendiri 😀 ). Saya mencari beberapa sumber untuk mengetahui persyaratan sebelum berangkat ke kantor Dukcapil Indramayu, jangan sampai ketika sampai sana masih ada yang kurang, karena rumah saya di Sukra jadi lumayan jauh dan lama untuk sampai ke Indramayu, kira-kira 1 jam. Berikut persyaratan untuk pembuatan akte kelahiran anak yang umurnya lebih dari 1 tahun :

  1. Fotocopy kartu keluarga (KK) yang sudah tercantum nama anaknya.
  2. Fotocopy KTP kedua orang tua.
  3. Fotocopy buku nikah yang sudah dilegalisir oleh Kantor Urusan Agama (KUA).
  4. Bawa dua orang saksi tersebut ( waktu saya sih ngajak mertua 😀 ), karena nanti akan diminta tanda tangan di pendaftaran. Dan jangan lupa fotocopy KTP dua orang saksi.
  5. Surat keterangan lahir dari bidan atau desa.
  6. Isi form akte kelahiran untuk anak usia lebih dari satu tahun, form bisa minta di desa atau langsung ke dukcapil juga boleh.
  7. Materai 6.000 satu buah saja.

Setelah persyaran lengkap langsung saja saya & keluarga menuju kantor Dukcapil Indramayu menggunakan mobil elf :-D. Sesampainya di sana, saya langsung menuju ke gedung khusus pengurusan akte kelahiran, karena di sana ada beberapa gedung. Adapun prosedur pembuatan akte kelahiran, antara lain :

  1. Semua persyaratan diserahkan ke petugas.
  2. Saksi melakukan tanda tangan pada form yang disediakan petugas.
  3. Petugas akan memanggil jika ada persyaratan yang kurang.
  4. Jika semua persyaratan lengkap, kita disuruh menunggu untuk mendapatkan bukti pengambilan akte kelahiran.
  5. Akte kelahiran bisa diambil 2 minggu setelahnya.

Hanya sekedar informasi saja, untuk pembuatan akte kelahiran ini tidak ada denda, tidak butuh pengadilan kaya dulu, biayanya GRATIS ya :-D. Semoga bermanfaat.

 

 

 

Advertisements