Setelah ane googling ke sana ke mari, akhirnya ane nemuin tuh script untuk mengkoneksikan ke postgre, maklum kebanyakan contohnya hanya menggunakn MySQL dan SQL Lite aja. Maka dari itu ane share dech di sini, barangkali aja ada yang butuh. Heheh

Pertama, ente buka dulu file main.php di biasanya sih di folder protected/config/. Kalo sudah ketemu, ente cari tulisan yang kaya gini

/*
‘db’=>array(
‘connectionString’ => ‘mysql:host=localhost;dbname=testdrive’,
’emulatePrepare’ => true,
‘username’ => ‘root’,
‘password’ => ”,
‘charset’ => ‘utf8’,
),
*/

ubah jadi seperti ini :   (catatan: hilangkan tanda */)

‘db’=>array(
‘connectionString’ => ‘pgsql:host=localhost;port=5432;dbname=namaDb’,
’emulatePrepare’ => true,
‘username’ => ‘namaUserDb’,
‘password’ => ‘passwordUserDb’,
‘charset’ => ‘utf8’,
),

Semoga bermanfaat.

Advertisements